Kebijakan

Berhasil Jaga Kamtibmas, Gubernur Sumsel Terima Penghargaan Pin Emas Kapolri

Humas Pemprov

MESKI di tengah situasi pandemi Covid 19, berbagai prestasi terus dicatatkan Gubernur Sumsel H.Herman Deru. Terbaru, Herman Deru satu-satunya  Gubernur di Indonesia  yang mendapatkan penghargaan pin emas dari Kapolri pada peringatan HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021.

Penghargaan itu didapatkan Herman Deru berdasarkan SK Kapolri dengan Nomor Keputusan/1088/VI/2021 Tentang Pemberian Penghargaan kepada Anggota Kepolisian dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang berprestasi dan membantu tugas kepolisian.

Adapun penghargaan Pin Emas tersebut disematkan langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si melalui Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M kepada Gubernur Sumsel H.Herman Deru, di Auditorium Bina Praja, Kemaren.

Mewakili Kapolri, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M menjelaskan bahwa penghargaan ini masih dalam rangkaian HUT Bhayangkara ke-75. Penghargaan Pin Emas ini diberikan khusus kepada putra-putra terbaik bangsa salah satunya Gubernur Sumsel H.Herman Deru yang sekaligus menjadi satu-satunya Gubernur yang menerima Pin Emas Kapolri pada HUT Bhayangkara ke-75.

Menurut Eko, ini bukanlah penghargaan yang biasa-biasa saja, karena tidak semua pejabat berkesempatan mendapatkan Pin Emas Kapolri.

Penghargaan ini lanjut Eko berhasil dicapai Gubernur HD atas berbagai kebijakannya yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat serta upayanya menjaga Kamtibmas di Sumsel. Sehingga dengan kebijakannya itu Sumsel dapat tetap menjadi daerah yang zero konflik.

“Selain itu banyak juga kebijakan Gubernur  yang dapat mengendalikan penyebaran Covid termasuk juga  mencegah Karhutla dengan respon yang cepat. Inilah beberapa alasan Kapolri memberikan penghargaan,” jelasnya.

Menurut Kapolda, penghargaan ini semula direncanakan akan diserahkan langsung oleh Kapolri. Namun mengingat kondisi pandemi sekarang dan adanya PPKM maka penghargaan diberikan langsung melalui Kapolda Sumsel.

Diwawancarai usai menerima Pin Emas Kapolri, Gubernur Sumsel mengatakan bahwa penghargaan bukanlah suatu target utama yang Ia kejar. Sejak mengabdi sebagai abdi negara HD mengaku hanya selalu berusaha untuk bekerja secara fokus dan disiplin. Tak mengherankan berbagai prestasi membanggakan terus diraihnya begitu saja. Baik sejak menjadi ASN bahkan pengusaha hingga menjadi Gubernur seperti sekarang.

“Saya termasuk orang yang tidak sembarangan terima penghargaan karena Saya ingin kriterianya jelas bukan asal. Terpenting bagi Saya adalah, Kerja ya kerja saja ikhlas dan penuh keseriusan,” jelasnya.

Terkait kebijakannya membantu pembangunan sejumlah infrastruktur di Polda Sumsel, menurut dia hal itu merupakan bentuk kemitraan yang ingin dicontohkannya. Sehingga menjadi pemantik bagi yang lain untuk berbuat hal serupa.

Dimana sebagai mitra Polri sudah semestinya Pemprov Sumsel membantu menjawab kebutuhan demi terciptanya pelayanan yang lebih baik pada masyarakat.

“Jadi bukan soal angkanya tapi lebih kepada kebutuhan. Ini formula yang memang Saya bangun sejak jadi Bupati. Harapannya pendanaan infrastruktur itu menjadi inspirasi itu yang paling penting,” tegasnya.

Terkait penghargaan yang diterimanya, HD mengaku sangat bangga karena menjadi Gubernur satu-satunya mendapatkan Pin Emas pada HUT Bhayangkara ke-75 tahun 2021.

Ia juga mengatakan bahwa keberadaan Polisi adalah kebutuhan bagi negara.(***)

Ril

Comments

Terpopuler

To Top