Jasa & Niaga

Survei DHL menemukan 94% pembeli online di Asia Pasifik meninggalkan keranjang belanja jika pilihan pengiriman tidak fleksibel

ist

Kemampuan untuk mengarahkan ulang pengiriman kiriman atau mengelola lokasi dan tanggal pengiriman penting bagi pembeli online
Tingkat penetrasi ponsel pintar yang tinggi telah mendorong media sosial menjadi sumber belanja online
Opsi pengiriman yang lebih ramah lingkungan menjadi pertimbangan penting bagi konsumen e-commerce

Sumselterkini.co.id, SINGAPURA – Media OutReach – Survei pembelanja online terbaru “Global Online Shopper Survey 2023” yang dilakukan oleh DHL eCommerce menemukan bahwa 94% pembeli e-commerce di Asia Pasifik akan meninggalkan keranjang belanjaan mereka jika mereka tidak ditawari pilihan mereka pilihan pengiriman. Ini mencakup lokasi pengiriman yang berbeda, kemampuan untuk mengalihkan pengiriman, atau perubahan tanggal pengiriman. Hampir satu dari lima pembeli di Asia Pasifik sering meninggalkan keranjang belanja mereka, hal ini menunjukkan pentingnya menyediakan opsi pengiriman yang fleksibel.

Ditugaskan oleh DHL eCommerce, penelitian ini meneliti perilaku belanja 11,500 pelanggan e-commerce dari 13 negara di seluruh dunia, termasuk Australia, Tiongkok, India, Malaysia, dan Thailand. Peserta survei menjawab pertanyaan tentang sikap mereka terhadap belanja lintas batas, pengiriman dan pengembalian serta keberlanjutan. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang industri e-commerce internasional, ekspektasi konsumen dari bisnis e-commerce, dan penyedia pengiriman.

Pembeli online di Asia Pasifik menginginkan opsi pengiriman yang fleksibel

Visibilitas perjalanan pengiriman mulai dari pembelian hingga pengiriman penting bagi pembeli online di Asia Pasifik. Hampir 82% menyatakan keinginan mereka untuk melakukan pelacakan menyeluruh terhadap semua kiriman mereka, terlepas dari nilai atau asal barang. Selain itu, meskipun sebagian besar masih lebih memilih pengiriman ke rumah, sekitar 18% menginginkan opsi pengiriman lainnya. Hal ini terutama terlihat di Tiongkok dengan 45% memilih untuk menitipkan parsel mereka di tetangga atau tempat aman lainnya, loker parsel, atau toko parsel.

Sekitar setengah dari responden survei di wilayah tersebut juga menunjukkan bahwa mereka merasa frustrasi ketika waktu pengiriman yang lama (53%) dan biaya yang mahal (52%) setiap kali mereka berbelanja online. Angka-angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan rata-rata global sebesar 45% dan 52%. Untuk meningkatkan sentimen ini, satu dari dua responden di Asia Pasifik mengindikasikan bahwa mereka menginginkan pengiriman barang pembelian mereka lebih cepat. Selain itu, 65% responden lebih menyukai pengiriman gratis, sementara 41% mengharapkan pengembalian gratis.

“Perilaku belanja online masyarakat sedang berubah. Seiring dengan semakin banyaknya mereka berbelanja online di dalam dan luar negeri, mereka dihadapkan pada lebih banyak pilihan dan ingin memiliki kendali atas pembelian mereka. Mereka kini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap perusahaan e-commerce dan juga perusahaan e-commerce. penyedia layanan pengiriman, termasuk bagaimana mereka ingin pengiriman dikirimkan dan sikap industri terhadap keberlanjutan. Survei ini membekali kami dengan wawasan sehingga kami dapat menunjukkan dengan tepat di mana kesenjangannya untuk menawarkan solusi yang lebih terkini dan berharga kepada pelanggan,” kata Pablo Ciano, CEO untuk DHL eCommerce.

Kecenderungan untuk berbelanja lintas batas

Ketika e-commerce lintas batas negara terus mendapatkan daya tarik, konsumen semakin terbuka untuk membeli dari pengecer internasional. Survei tersebut menemukan bahwa 52% konsumen Asia Pasifik sering membeli dari luar negeri. Orang Tiongkok dan Thailand paling sering berbelanja secara internasional, dengan 20% pembeli Tiongkok dan 23% pembeli Thailand membeli setidaknya sekali sehari.

Responden di Asia Pasifik memilih produk dengan kualitas lebih baik (44%) sebagai alasan utama membeli produk lintas negara, diikuti oleh kurangnya produk atau merek di negara mereka (43%). Di sisi lain, hambatan belanja lintas negara bagi pembeli online di Asia Pasifik adalah waktu pengiriman yang lama (55%) dan ketakutan akan penipuan (49%). Artinya, pengecer online dan penyedia pengiriman harus mampu memberikan keyakinan kepada pembeli bahwa pembelian mereka akan tiba dengan aman dan cepat.

Beralih ke media sosial untuk berbelanja

Asia Pasifik mengalami peningkatan minat terhadap perdagangan media sosial. Saat ini, rata-rata 48% pembeli online di Australia, India, Malaysia, dan Thailand telah membeli dari Facebook. Namun, TikTok lebih populer di Malaysia dan Thailand, di mana masing-masing 57% dan 52% menyatakan bahwa mereka menggunakan platform tersebut. Di Tiongkok, Douyin dan WeChat lebih disukai, dengan 70% pembeli online berbelanja di Douyin dan 47% di WeChat.

Tren ini didorong oleh berbagai faktor termasuk besarnya populasi Gen Z di kawasan ini. Pada tahun 2025, konsumen Gen Z (lahir 1996–2012) diperkirakan akan mencapai seperempat populasi di kawasan ini. Segmen konsumen ini secara aktif mengonsumsi konten di platform media sosial, menjadikannya saluran yang harus diperhatikan oleh bisnis untuk memanfaatkan penjualan lintas negara. Faktor lainnya adalah kuatnya penetrasi ponsel pintar di wilayah tersebut dengan tingkat adopsi sebesar 76% pada tahun 2022, sehingga 78% konsumen berbelanja menggunakan ponsel cerdas mereka.

Keberlanjutan penting bagi konsumen

Solusi pengiriman barang yang ramah lingkungan dan ramah lingkungan semakin penting dalam pertimbangan belanja konsumen, dengan 77% responden di wilayah ini menyatakan hal yang sama – melampaui rata-rata global sebesar 71%. Selain itu, responden dari India (92%) dan Thailand (87%) termasuk di antara tiga negara yang paling peduli terhadap keberlanjutan saat berbelanja online, setelah Nigeria (96%).

Lebih dari satu dari tiga (38,8%) pembeli online di kawasan ini juga lebih bersedia membayar lebih untuk kemasan ramah lingkungan dibandingkan dengan rata-rata global sebesar 28%. Demikian pula, 38% juga bersedia membayar lebih untuk opsi pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Pengamatan ini menggarisbawahi perlunya pengecer e-commerce untuk memasukkan keberlanjutan ke dalam penawaran produk mereka atau bekerja sama dengan penyedia layanan pengiriman yang berkelanjutan.[***]

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com