Sumselterkini.co.id, LONDON, Inggris – Jaminan etis, strategi ritel ‘phygital’, penawaran bermerek, dan pengalaman Web3 adalah tren utama yang membentuk cara konsumen berlian – khususnya Gen Z – memandang dan terlibat dengan perhiasan berlian, menurut penelitian baru yang diterbitkan hari ini oleh De Beers Group dalam Diamond Insight Report 2022, berjudul Dunia berlian baru: membawa merek tepercaya ke generasi baru di era digital.
Berdasarkan temuan penelitian yang sebelumnya tidak dipublikasikan, termasuk survei baru terhadap 18.000 wanita AS yang dilakukan awal tahun ini, laporan tersebut mengeksplorasi bagaimana megatren ini menyatu dan berakselerasi – didorong oleh peristiwa global, kekuatan teknologi digital, dan sikap generasi muda – untuk menciptakan masa depan baru untuk akuisisi perhiasan berlian. Empat tren yang dianalisis adalah:
Nilai akan mendukung nilai industri
Laporan tersebut menemukan bahwa 36% wanita secara keseluruhan dan 39% Gen Z sekarang secara khusus mencari informasi tentang kredensial etika merek saat membeli perhiasan berlian. Terlebih lagi, 40% wanita secara keseluruhan mengatakan bahwa mengetahui tentang dampak positif berlian pada komunitas pertambangan lokal akan membuat mereka lebih cenderung membeli berlian, sementara proporsi ini naik hingga 50% untuk konsumen Gen Z, menyoroti peluang signifikan bagi merek dan pengecer untuk menangkap diferensiasi nilai dengan mengomunikasikan nilai-nilai mereka secara jelas dan menghubungkan klien akhir dengan sumber dan kisah berlian.
Munculnya merek
Perhiasan berlian bermerek mewakili dua pertiga dari semua pembelian perhiasan berlian di AS pada tahun 2021 – dua kali lipat proporsi pada tahun 2015 – dan hampir 80 persen dari semua penjualan berdasarkan nilai. Penawaran bermerek paling menarik bagi konsumen Gen Z, yang melihat merek berkontribusi pada rasa harga diri dan keinginan mereka untuk berekspresi. Sebanyak 76% pembelian perhiasan berlian oleh konsumen Gen Z bermerek, dibandingkan dengan 64% untuk Gen X dan hanya 38% untuk Baby Boomers. Selain itu, konsumen kaya dan mereka yang membeli perhiasan berlian untuk diri mereka sendiri lebih cenderung menginginkan merek. Merek mewakili 74% pembelian perhiasan berlian di kalangan wanita yang berpenghasilan lebih dari $150.000 (dibandingkan dengan 65% di semua pendapatan), sementara 73% berlian yang dibeli sendiri diberi merek dibandingkan dengan 62% untuk pengantin dan 61% untuk hadiah.
Ritel phygital ada di sini untuk tinggal
Penjualan online perhiasan berlian mewakili 25% dari penjualan AS berdasarkan nilai dan 31% berdasarkan volume pada tahun 2021. Jika dibandingkan dengan tahun 2015, ketika online masing-masing hanya mewakili 14% dan 18% dari penjualan, percepatan e-niaga dalam beberapa tahun terakhir sangat luar biasa. Pembelian online lebih tinggi dari rata-rata di antara konsumen Gen Z (pada 42% dari total pembelian Gen Z), mereka yang membeli sendiri (40% dari total pembelian) dan wanita lajang (37% dari total pembelian). Selain itu, 54% pembelian online pada tahun 2021 dilakukan oleh orang yang membeli perhiasan berlian untuk pertama kalinya. Meskipun ini kemungkinan karena penutupan toko terkait pandemi, ini juga menunjukkan kepercayaan yang tumbuh pada e-niaga perhiasan berlian. Yang penting, 68% konsumen AS yang telah membeli perhiasan berlian secara online mengatakan mereka berniat melakukannya lagi di masa mendatang.
Sementara pembelian perhiasan berlian yang dilakukan di dalam toko masih lebih banyak daripada yang dilakukan secara online, perjalanan penuh membeli perhiasan berlian semakin melibatkan komponen digital. Perpaduan pengalaman ritel fisik dan digital – ‘phygital’ – inilah yang paling diinginkan konsumen saat ini. Di AS, sekitar setengah (49%) dari semua pembelian perhiasan berlian sekarang diteliti secara online, dibandingkan dengan hanya 29% pada tahun 2015. Dari 49% tersebut, 19% dari pembelian akhir terjadi secara online sementara 30% berada di dalam toko, menyoroti pentingnya persembahan fisik yang mulus.
Web3 dan metaverse adalah pengubah permainan yang potensial
Sementara strategi fisik yang menarik adalah suatu keharusan bagi pengecer mana pun saat ini, kedatangan Web3, NFT, dan metaverse memiliki potensi untuk membuka pendapatan baru, akuisisi pelanggan, dan peluang merek untuk merek perhiasan berlian. Teknologi yang baru lahir ini bertujuan untuk menggabungkan dunia fisik dan digital dengan cara yang sebelumnya tidak terduga, menghadirkan pengalaman belanja virtual, hiburan, dan sosialisasi baru kepada konsumen yang paham digital. Dengan sejumlah merek mewah terkenal yang telah berinvestasi besar-besaran di bidang ini, ia menjanjikan untuk menjadi area fokus yang muncul untuk merek berlian.
Esther Oberbeck, SVP Strategy Analytics & Insights, De Beers Group, mengatakan: “Laporan Wawasan Berlian tahun ini mengeksplorasi empat tren utama yang telah membuat jejak mereka di industri berlian, yang telah dipercepat oleh pandemi Covid-19, teknologi baru dan berkembang harapan konsumen seiring dengan bertambahnya usia Gen Z. Konvergensi tren ini berarti industri berlian harus mempersiapkan masa depan di mana konsumsi baru, asli digital, dan sadar sosial.
Bruce Cleaver, CEO, De Beers Group, mengatakan: “Laporan Wawasan Berlian 2022 menunjukkan bahwa tren konsumen yang telah kami amati selama beberapa waktu – seperti keinginan untuk membeli secara lebih berkelanjutan, membeli dari merek tepercaya, untuk mengetahui di mana dan bagaimana berlian bersumber dan berbelanja secara digital – bukan lagi prediksi masa depan untuk industri berlian. Mereka sudah terbukti hari ini dan akan menjadi lebih menonjol di masa depan. Baru-baru ini kita telah melihat seberapa cepat bidang minat yang muncul, seperti e-commerce dan asal berlian, dapat menjadi prioritas dalam semalam bagi merek dan konsumen. Laporan ini berfungsi sebagai pengingat tepat waktu bahwa kita harus terus mempersiapkan hari esok, hari ini. Kami berada di puncak dunia berlian baru dan harus merangkul peluang yang dihadirkannya.”
Laporan Wawasan Berlian 2022 juga mencakup Dasbor Rantai Nilai Berlian tahunan, yang melacak kinerja industri pada tahun 2021 dan paruh pertama tahun 2022, yang mencerminkan rekor kinerja tahun 2021 dan memberikan prospek untuk tahun 2022.
Tagar: #debeersgroup #diamonds #diamondjewellery #naturaldiamonds
Tentang Grup DeBeers
Didirikan pada tahun 1888, De Beers Group adalah perusahaan berlian terkemuka di dunia dengan keahlian dalam eksplorasi, penambangan, dan pemasaran berlian. Bersama dengan mitra usaha patungannya, De Beers Group mempekerjakan lebih dari 20.000 orang di seluruh jalur pipa berlian dan merupakan produsen berlian terbesar di dunia berdasarkan nilai, dengan operasi penambangan berlian di Botswana, Kanada, Namibia, dan Afrika Selatan. Inovasi berada di jantung strategi De Beers Group saat mengembangkan portofolio penawaran, termasuk rumah perhiasannya, De Beers Jewellers dan De Beers Forevermark, dan solusi perintis lainnya, seperti sumber berlian dan inisiatif keterlacakan GemFair dan Tracr. De Beers Group berkomitmen untuk ‘Membangun Selamanya,’ pendekatan holistik dan terintegrasi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik – di mana keselamatan, hak asasi manusia, dan integritas etika terus menjadi yang terpenting; di mana masyarakat berkembang dan lingkungan dilindungi; dan di mana ada kesempatan yang sama untuk semua. De Beers Group adalah anggota dari grup plc Anglo American.[***]