TAIPEI, TAIWAN – Media OutReach – Appier Group Inc (TSE: 4180), selanjutnya disebut Appier, hari ini mengumumkan hasil pendapatannya untuk kuartal pertama tahun fiskal 2023. Pertumbuhan Appier di kuartal pertama melebihi setahun penuh Bimbingan di tengah low season[1], sementara momentum bisnisnya meningkat sejak awal tahun. Penetrasi sukses perusahaan ke akun utama dan vertikal, serta pengembangan berkelanjutan ke pasar baru, memberikan hasil yang nyata dan telah meletakkan dasar yang kokoh untuk kuartal kedua dan seterusnya.
Appier mencapai pertumbuhan yang stabil dalam kinerja keuangannya dengan peningkatan pendapatan sebesar 32% year-on-year (YoY), mencapai JPY 5,6 miliar. Laba kotor juga menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, mencapai JPY 2,8 miliar dengan tingkat pertumbuhan 32% YoY, sementara EBITDA meningkat sebesar 60% YoY mencapai JPY 418 juta dengan margin 8% berbasis FX-netral. Appier terus mengakselerasi inovasi produknya melalui berbagai integrasi generatif AI (GenAI) untuk memperkuat kompetensi intinya, karena merek-merek mencari teknologi generasi berikutnya untuk lebih meningkatkan strategi pemasaran mereka.
Melanjutkan momentum dari kuartal sebelumnya, Appier berkinerja baik di AS dan EMEA, melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar 77% YoY, dan mewakili 14% dari total pendapatan dari 10% tahun lalu, menggarisbawahi keberhasilannya dalam memupuk pasar baru dan dalam memenuhi pasar permintaan untuk teknologi inovatif yang mendorong perubahan.
Ekspansi untuk dipercepat di belakang mesin pertumbuhan ganda melalui sektor Konten Digital dan E-niaga
Appier mencapai pertumbuhan 24% YoY dalam keseluruhan basis pelanggannya, dengan mayoritas pelanggan baru berasal dari sektor Konten Digital dan E-niaga. Selain itu, perusahaan melaporkan retensi pendapatan bersih (LTM NRR) dua belas bulan terakhir sebesar 133,8% pada basis FX netral, sementara tingkat churn pelanggan secara keseluruhan tetap rendah di 0,608%. Pendapatan berulang tahunan Appier saat ini mencapai lebih dari 95% dari total pendapatan, menyoroti pertumbuhan perusahaan yang stabil dan momentum secara keseluruhan.
Lintasan pertumbuhan berkelanjutan Appier pada kuartal ini dikaitkan dengan penjualan yang lebih baik, peningkatan sinergi produk, dan ekspansi berkelanjutan pada pelanggan yang sudah ada, sementara fokus strategis keseluruhannya tetap pada akuisisi pelanggan perusahaan besar. Meskipun kuartal pertama umumnya merupakan musim sepi dengan aktivitas pemasaran klien yang terbatas, kinerja perusahaan telah melampaui panduan setahun penuh. Appier juga mengharapkan momentum pertumbuhan lebih lanjut di kuartal mendatang.
Pertumbuhan vertikal Asia Timur Laut dan pengembangan pasar AS dan EMEA yang berkelanjutan berfungsi sebagai pendorong pertumbuhan ganda
Appier juga mengharapkan peningkatan momentum mulai kuartal ini dan seterusnya, karena penambahan akun utama di Konten Digital, khususnya di Korea Selatan. Rincian pasar perusahaan menunjukkan bahwa Asia Timur Laut (66%) tetap stabil, dengan penetrasi yang lebih dalam di seluruh vertikal seperti Konten Digital dan pertumbuhan yang konsisten dari pelanggan yang sudah ada di ECommerce. Pasar AS dan EMEA (14%) terus memberikan nilai produk yang signifikan kepada pelanggan, dengan fokus pada perolehan pelanggan baru, skalabilitas, peningkatan penjualan berbasis ROI, dan kekuatan di sektor Konten Digital.
“Strategi pasar mesin pertumbuhan gabungan kami, yang terdiri dari konten Digital dan sektor ECommerce, memungkinkan kami untuk menyeimbangkan aliran pendapatan dan mengatasi ketidakpastian ekonomi makro. Posisi ini memungkinkan kami untuk mengimbangi dengan baik tren bisnis yang berkembang pesat dan mempertahankan jangka panjang pertumbuhan yang kuat,” kata Dr. Chih-Han Yu, CEO dan Salah Satu Pendiri Appier. “Dengan menggabungkan algoritme GenAI Appier yang canggih dengan model bahasa ChatGPT OpenAI, pelanggan kami dapat merangkul solusi mutakhir dan memanfaatkan nilai AI dengan mudah.”
Memberdayakan pemasaran dengan rangkaian lengkap peningkatan teknologi GenAI
Appier secara konsisten mendorong inovasi produk melalui integrasi teknologi terdepan di industri ke dalam seluruh rangkaian produknya. Melalui kombinasi teknologi GenAI internal Appier dengan fitur ChatGPT, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas mereka secara signifikan melalui alat periklanan, pemasaran percakapan, dan pembuatan konten otomatis.
CrossX – AIXPERT: Segmen minat yang terbatas atau tidak efektif adalah salah satu kelemahan pemasar, sehingga sulit untuk membuat berbagai versi untuk beberapa saluran berbayar. Dengan perluasan segmen minat dan parameter yang didukung oleh GenAI, bersama dengan pengetahuan domain ChatGPT, pemasar dapat secara efisien mengidentifikasi kluster minat yang paling menarik untuk memperoleh pengguna bernilai tinggi. Berdasarkan prediksi metrik performa AI dan tingkat tumpang tindih audiens, pemasar juga dapat mengoptimalkan konten iklan di seluruh saluran untuk mencapai Pengembalian Belanja Iklan (ROAS) kampanye yang lebih baik.
AIQUA: Membuat salinan pemasaran dan membuat beberapa versi untuk pengujian A/B kampanye dapat memakan waktu dan menantang bagi pemasar. Dengan dukungan teknologi GenAI, pemasar dapat menggunakan input teks dasar untuk membuat berbagai versi bahasa[2], panjang khusus, dan nada (formal, bersahabat, membangkitkan semangat, menyenangkan, lucu) dalam beberapa detik.
BotBonnie: Di masa lalu, sulit bagi profesional layanan pelanggan untuk memberikan tanggapan yang cepat dan terperinci kepada setiap pelanggan. Setelah mengintegrasikan ChatGPT, proses pembuatan balasan sekarang dapat dilakukan secara otomatis. Asisten AI untuk obrolan langsung juga dapat memberikan saran penulisan ulang dan menyesuaikan bahasa tanggapan[3], panjang atau nada (profesional, ramah, empatik, percaya diri) untuk berbagai situasi, memungkinkan hasil yang lebih baik dari perdagangan percakapan dan kepuasan pelanggan.
Dengan integrasi GenAI ke dalam lini produknya, Appier percaya bahwa mereka akan memberikan nilai praktis yang kuat bagi perusahaan dan meningkatkan kinerja dan efisiensi pemasaran untuk merek. Solusi yang disempurnakan dengan antarmuka yang intuitif juga memberdayakan merek untuk mendukung seluruh perjalanan pembeli, menciptakan nilai yang lebih besar dan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan.[***]