Sumselterkini.co.id, – CUPERTINO, CALIFORNIA- Lebih dari 90 persen tagihan dan penjualan diperoleh hanya untuk pengembang, tanpa komisi apa pun yang dibayarkan ke Apple. Studi baru menggarisbawahi kekuatan dan ketahanan ekosistem App Store — dengan tagihan dan penjualan yang difasilitasi oleh App Store tumbuh 29 persen dari tahun ke tahun. Apple mengumumkan ekosistem App Store memfasilitasi $1,1 triliun tagihan pengembang dan penjualan pada tahun 2022, membangun rekam jejak pertumbuhan yang kuat dan tangguh dari pengembang, demikian temuan studi independen oleh para ekonom dari Analysis Group. App Store terus menciptakan peluang luar biasa bagi pengembang di seluruh dunia, dengan lebih dari 90 persen tagihan dan penjualan hanya diperoleh pengembang dan bisnis dari semua ukuran — tanpa komisi apa pun yang dibayarkan ke Apple. Selain itu, analisis baru dari Progressive Policy Institute menemukan bahwa ekonomi aplikasi iOS sekarang mendukung lebih dari 4,8 juta pekerjaan di seluruh AS dan Eropa, dengan sekitar 2,4 juta di setiap wilayah.
Saat ini, pengembang di App Store memiliki lebih banyak cara untuk memonetisasi aplikasi mereka dan membangun bisnis yang sukses. Para ekonom dari Analysis Group memperkirakan bahwa tahun lalu, pengembang App Store menghasilkan total tagihan dan penjualan $910 miliar dari penjualan barang dan layanan fisik, $109 miliar dari iklan dalam aplikasi, dan $104 miliar untuk barang dan layanan digital.
“Kami sangat berharap – atau lebih terinspirasi oleh – komunitas pengembang yang luar biasa di seluruh dunia,” kata Tim Cook, CEO Apple. “Seperti yang ditunjukkan laporan ini, App Store adalah pasar yang dinamis dan inovatif di mana peluang tumbuh subur, dan kami berkomitmen untuk selalu berinvestasi dalam kesuksesan pengembang dan masa depan ekonomi aplikasi.”
Studi Analysis Group melihat lebih dekat pada pendorong utama di balik pertumbuhan ekosistem App Store — termasuk permintaan yang meningkat untuk sektor-sektor seperti perjalanan dan transportasi online, dan pertumbuhan yang kuat dalam belanja iklan di aplikasi seperti media sosial dan aplikasi ritel.
TKTK
Tagihan dan penjualan pengembang meningkat sebesar 27 persen antara 2019 dan 2020; 27 persen antara tahun 2020 dan 2021; dan 29 persen antara tahun 2021 dan 2022. Pengembang kecil khususnya menemukan kesuksesan luar biasa di App Store — melampaui pengembang yang lebih besar dengan meningkatkan pendapatan mereka sebesar 71 persen antara tahun 2020 dan 2022. Para ekonom di Analysis Group percaya bahwa tingkat pertumbuhan semacam ini adalah indikator positif, konsisten dengan pasar berkembang penuh dinamisme, inovasi, dan persaingan.
Semua mengatakan, sejak 2019, tagihan dan penjualan pengembang AS telah meningkat lebih dari 80 persen. Di Eropa, tagihan dan penjualan pengembang sejak 2019 mengalami peningkatan di atas rata-rata sebesar 116 persen.
Mesin perdagangan App Store memberi pengembang Apple di seluruh dunia platform distribusi global yang mendukung lebih dari 195 metode pembayaran lokal dan 44 mata uang di 175 etalase. Itu juga memungkinkan pengembang menjangkau pengguna lintas batas: Pada tahun 2022, 54 persen unduhan terjadi di etalase di luar negara asal pengembang. App Store menarik lebih dari 650 juta rata-rata pengunjung mingguan di seluruh dunia pada tahun 2022, menurut data baru dari Apple. Dan pengguna mengunduh dan mengunduh ulang aplikasi rata-rata lebih dari 747 juta dan 1,5 miliar kali setiap minggu pada tahun 2022.
Pertumbuhan Kuat dalam Penagihan dan Penjualan di Seluruh Kategori Aplikasi
Dirilis hari ini, studi baru dari para ekonom di Analysis Group, berjudul “Pertumbuhan Berkelanjutan dan Ketahanan Ekosistem App Store Apple,” diambil dari berbagai data ekonomi yang menunjukkan pertumbuhan pengembang di App Store. Studi ini menemukan tagihan dan penjualan pengembang yang difasilitasi oleh App Store tumbuh di berbagai kategori.
Misalnya, ketika pembatasan mereda di banyak bagian dunia, kategori aplikasi seperti travel dan ride-hailing mengalami peningkatan permintaan secara signifikan. Penjualan perjalanan yang dilakukan di aplikasi iOS meningkat sebesar 84 persen pada tahun 2022, di samping peningkatan 45 persen dalam penjualan di aplikasi transportasi online.
TKTK
Penjualan makanan dan bahan makanan juga termasuk dalam kategori aplikasi yang tumbuh paling cepat. Sejak 2019, pengiriman makanan dan penjualan pikap berbasis aplikasi iOS meningkat lebih dari dua kali lipat, dan penjualan bahan makanan meningkat lebih dari tiga kali lipat. Selain itu, aplikasi perusahaan semakin populer di kalangan perusahaan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2022, aplikasi ini mewakili salah satu kategori barang dan layanan digital dengan pertumbuhan tercepat dalam estimasi penagihan dan penjualan Analysis Group. Pertumbuhan tertinggi dalam barang dan layanan digital terlihat pada kategori hiburan berbasis aplikasi, karena tren penting seperti ekonomi kreator telah muncul dalam beberapa tahun terakhir, serta keunggulan aplikasi yang mendukung area ini.
Pertumbuhan bisnis pengembang berbasis luas — di seluruh kategori aplikasi — menunjukkan banyak cara pengguna Apple mengandalkan aplikasi favorit mereka dalam banyak aspek kehidupan mereka. Baik untuk game atau produktivitas, pendidikan, atau media sosial, aplikasi membantu orang di seluruh dunia tetap terhubung, kreatif, dan terhibur.
App Store Berusia Lima Belas
Lima belas tahun sejak diluncurkan pada tahun 2008, App Store tidak pernah menawarkan lebih banyak peluang kepada pengembang, atau lebih banyak aplikasi kepada pengguna Apple yang memperkaya hidup mereka. Kesuksesan itu datang karena Apple terus berinvestasi di masa depan ekonomi aplikasi. Dengan menawarkan pasar yang aman dan tepercaya bagi pengguna, serta alat canggih yang membantu pengembang membuat aplikasi hebat, App Store telah menciptakan peluang ekonomi luar biasa bagi pembuat aplikasi global.
Secara keseluruhan, pengembang iOS telah memperoleh lebih dari $320 miliar di App Store dari tahun 2008 hingga 2022. Studi Grup Analisis menemukan bahwa pengguna iOS telah mengunduh aplikasi lebih dari 370 miliar kali dari tahun 2008 hingga 2022. Dan saat ini, App Store memiliki lebih dari 123 kali lebih banyak aplikasi — hampir 1,8 juta — untuk dipilih, dibandingkan dengan ribuan aplikasi yang tersedia di App Store pada akhir tahun 2008.
Infografis yang menunjukkan pencapaian App Store untuk hari jadinya yang ke-15.
Pengembang saat ini juga memiliki lebih banyak opsi untuk memonetisasi bisnis mereka, termasuk pembelian dan langganan dalam aplikasi; lebih banyak alat pengembang, termasuk lebih dari 40 SDK dan 250.000 API; dan sumber daya pendidikan seperti Akademi Pengembang Apple, Perkemahan Pengusaha, dan program lain yang mengajarkan keterampilan pengkodean dan pengembangan bisnis.
Teknologi dan layanan App Store mendukung berbagai bisnis aplikasi, termasuk pengembang yang menjual barang dan layanan fisik. Itu termasuk integrasi dengan Apple Pay, otentikasi biometrik dengan Face ID dan Touch ID, keamanan akun, dan teknologi lain yang membantu pengembang terhubung secara aman dengan pengguna Apple.
App Store juga tetap menjadi pasar yang aman dan tepercaya bagi pengguna, berkat proses Tinjauan Aplikasi Apple yang ketat serta perlindungan privasi dan keamanan yang kuat. Pada tahun 2022, App Store memblokir lebih dari $2 miliar transaksi penipuan — dan menolak 1,7 juta pengiriman aplikasi karena gagal memenuhi standar privasi, keamanan, dan kualitas. Inovasi terbaru, seperti Transparansi Pelacakan Aplikasi dan Label Nutrisi Privasi, telah memberdayakan pengguna dengan lebih banyak informasi tentang cara aplikasi mereka menggunakan data mereka.[***]/ril apple.com/newsroom