Digital Ekonomi

Peluang Pemasaran Cukup Besar, Kominfo Dorong Pelaku UMKM Menggunakan Digital Marketing

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menggunakan digital marketing. Sehingga, peluang produknya dibeli oleh masyarakat dapat terbuka lebih lebih lebar di masa mendatang.

“Di sini UMKM bisa memanfaatkan era digital untuk memasarkan produk-produk mereka melalui digital marketing,” ujar Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), R Niken Widiastuti, pada Diskusi Webinar “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi pada UMKM Terdampak Pandemi” yang dilakukan secara virtual pada Selasa (19/10/2021).

Dilansir dari InfoPublik.id, Menurut dia, ketika menggunakan digital marketing peluang pelaku UMKM memasarkan produknya menjadi lebih luas. Sebab, dengan menggunakan metode pemasaran ini produk yang dijajakan dapat menembus lintas batas masyarakat yang berada di kota, provinsi, hingga luar negeri.

Kemudian, dengan menggunakan metode pemasaran secara digital ini juga akan memangkas distribusi barang langsung ke konsumen. Artinya, barang yang dibeli oleh konsumen itu langsung dari produsen yang menjual barang. Hal ini tentunya akan membuat efisiensi dalam segi pengeluaran barang.

“Tidak ada medioker atau tengkulak, karena bisa langsung kepada produsen,” tuturnya.

Dalam mendorong pelaku UMKM tersebut, Kominfo bersama dengan pemangku kepentingan yang lain membuat program UMKM Go Online. Melalui program ini, para UMKM diberikan sejumlah fasilitas yang diberikan kepada pelaku UMKM.

Secara detail, Program UMKM Go Online berupaya membantu masyarakat kecil terutama pengusaha mikro, kecil dan menengah untuk ikut berjualan daring dengan memanfaatkan marketplace yang tersedia, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX dan lain-lain.

Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah Grebeg Pasar. Dilakukan di 20 kota/kabupaten di Indonesia, kegiatan ini menargetkan terutama pengusaha mikro di pasar tradisional, dimana sebagian besar masih gagap atau belum tersentuh teknologi informasi untuk memasarkan produknya secara daring.

Ini penting dilakukan, dalam mendorong pelaku UMKM memanfaatkan teknologi ini, tercatat baru 13 persen pelaku UMKM yang memanfaatkan hal tersebut.

“Yang memanfaatkan teknologi ini hanya 13 persen. Padahal pelaku UMKM berjumlah sekitar 64,1 juta di Indonesia,” katanya.

Menurut dia, dalam menggunakan metode pemasaran digital, maka setiap produk harus dikemas dengan sangat baik. Sehingga, peluang barang dibeli oleh konsumen akan semakin meningkat secara signifikan ke depan.

Kemasan yang baik dalam bentuk foto maupun video sangat dianjurkan dalam menarik minat para konsumen untuk membeli produk ini. Mengingat, kekuatan dari metode pemasaran digital ini terletak dalam tampilan produk yang dijajakan melalui ruang digital.

Artinya, kemasan yang baik, akan menjadi faktor penunjang dari pemasaran secara digital. “kita membuat konten melalui foto dan judul dapat dibaca oleh masyarakat untuk meningkatkan awareness,” katanya.

Dalam pengelolaan digital marketing ini, kata dia, pelaku UMKM harus mampu mengidentifikasi empat hal ini, sehingga kekuatan pemasaram digital dapat dilakukan secara optimal dalam beberapa waktu ke depan.

Pertama, mengetahui target masyarakat yang menjadi objek dalam pemasaran digital ini sesuai dengan minatnya. Dengan begitu, masyarakat yang disasar dapat mengetahui produk-produk yang dimiliki oleh produsen.

Kedua, mengetahui konsep pemasaran digital. Artinya, konsep pemasaran digital yang digunakan dapat disesuai dengan berbagai target market. Dengan sesuainya konsep, maka peluang produk dibeli akan semakin besar.

Ketiga, penggunaan judul yang menarik perhatian dari para konsumen. Hal ini akan memancing perhatian dari para konsumen yang menyaksikan pesan-pesan dari pemasaran yang dibuat melalui digital marketing.

Terakhir, menggunakan Search Enggine Optimalization (SEO). Ini penting dalam membuat produk yang dimiliki oleh produsen tetap dikenal oleh pengguna ruang digital. Dengan diurusnya hal ini, produk senantiasa akan mendapatkan peluang untuk dilihat masyarakat lain.(***)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com