SEIRING dengan makin pesatnya teknologi informasi media sosial on Line, berimplikasi terhadap system jual beli dalam perdangangan barang dan jasa.
Dalam proses transaksi jual beli, customer makin dimanjakan dengan layanan media on.line yg sangat praktis, efisien dan efektif. Cukup dalam genggaman aplikasi android, semua kebutuhan customer praktis bisa diakses hanya dengan klik tombol.
Go car, grab, gojeck, go mesage, go food, go send, tokopedia, traveloka, jual beli com dan masih banyak lagi aplikasi yang memberi kemudahan customer dalam proses transaksi jual beli.
Menurut Direktur Lembaga Pengkajian dan Kebijakan Sosial (LPKS) Ridwan, SE, fenomena tersebut berpengaruh terhadap pedagang kecil menengah yg selama ini menerapkan sistem transaksi face to face (of line).
“Pelaku usaha UMKM kalah bersaing dg market on line jika tidak melakukan adaptasi terhadap media sosial online tersebut” kata Ridwan, Rabu (30/1/2019).
Ia menambahkan, sudah saatnya UMKM mengadaptasi system sales dengan aplikasi on line, agar eksis dan mampu bersaing dengan perkembangan zaman yang makin canggih, tutur Ridwan,SE yg juga pengurus Majelis Ekonomi Muhammadiyah Kota Palembang.
Ridwan menambahkan, peran serta stek holder baik pemerintah, swasta maupun lembaga swadaya masyarakat harus bahu membahu memfasilitasi UMKM bidang pemasaran secara on line.
“Dengan cara memberikan Pelatihan, workshop bagi pelaku usaha UMKM mengenai strategi marketing diera digitalisasi,” ujarnya.
Ridwan berharap, UMKM mampu jawab tantangan zaman dengan ragam gejolak sosial yang terjadi.[**]
Oleh : Ridwan,SE