Digital Ekonomi

Kolaborasi Paxel-Bukalapak Hadirkan “Same Day Delivery”

foto : istimewa

Jakarta –Paxel, startup logistik berbasis teknologi, berkolaborasi dengan Bukalapak untuk menghadirkan pengiriman barang “same day delivery” antarprovinsi. Jangkauannya meliputi wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

Startup itu menyediakan dua jenis layanan pengiriman barang di hari yang sama, yakni dalam kota dan luar kota. Pengiriman dalam kota membutuhkan waktu delapan jam, sedangkan antarkota di kisaran 10-15 jam.

“Pengiriman same day dalam kota sudah biasa, kalau antarkota sangat menarik karena tantangannya besar. Pembangunan infrastruktur yang digalakkan pemerintah itu salah satu yang membantu kami memberi layanan same day,” ujar Co-Founder Paxel, Zaldy Ilham Masita di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Kerja sama itu berkaitan dengan pertumbuhan perniagaan di Indonesia yang bergantung pada adopsi teknologi di sektor logistik. Berdasarkan laporan PwC pada Global Consumer Insight Survey 2018, sebanyak 41% responden rela membayar lebih untuk pengiriman di hari yang sama.

Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid menambahkan, “Untuk same day delivery Bukalapak baru ada di dalam kota karena bantuan layanan on-demand. Dengan kerja sama ini, cakupannya akan meluas ke pulau Jawa-Bali, jadi optimis dapat meningkatkan permintaan dari pengguna juga.” melansir WEOnline, Sabtu.

Lebih lanjut, produk sayur dan buah (fresh products) jadi salah satu produk yang bertumbuh pesat di e-commerce tersebut; membuat pengiriman hari yang sama semakin dibutuhkan oleh Bukalapak.

“Fresh product jadi salah satu produk yang tumbuh pesat (penjualannya). Mudah-mudahan semakin meningkat dengan kerja sama ini,” imbuh Fajrin lagi.

Paxel sendiri telah menjangkau wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, dan Bali. Perusahaan itu memanfaatkan teknologi Big Data, algoritma, dan sumber daya manusia untuk mengirim barang.[**]

Sumber : wartaekonomi online

 

 

Comments

Terpopuler

To Top