Sumselterkini.co.id,PETALING JAYA, MALAYSIA – Media OutReach – 1.200 penjual Malaysia di platform Shopee dengan suara bulat memutuskan untuk tetap relevan dengan pergeseran nilai audiens yang lebih muda secara online dengan merangkul Pemasaran Berbasis Nilai di Seller Summit Shopee di Sunway Resort pada 21 Juni 2023. Keenam Angsuran konvensi e-niaga tahunan paling populer di Malaysia memberikan ruang yang aman bagi penjual untuk menggabungkan tren konsumen online terbaru dan fitur pasar yang baru diluncurkan untuk berkontribusi pada pengembangan komunitas lokal di berbagai industri nasional.
Mengakhiri anggapan bahwa bisnis yang digerakkan oleh tujuan semata-mata merupakan bidang perusahaan MNC besar, sepuluh penjual berbasis nilai mendirikan stan pop-up untuk menunjukkan bagaimana mereka mendorong nilai unik melalui pengalaman pengguna, penceritaan yang otentik, dan keterlibatan yang mulus. Penjual Shopee Xpert dan Shopee Bintang memainkan permainan interaktif seperti Marketplace Inclusion Treats-In-the-Jar, Building Connected Communities Jenga, dan Redefining E-Commerce Pictionary, untuk memecahkan kebekuan dan menciptakan pengalaman pembelajaran berbasis nilai yang mengesankan.
Dalam pidato utamanya, Direktur Shopee Malaysia, Cheng Xun Chua meluncurkan inisiatif platform utama 2023 yang berfokus untuk mendorong pertumbuhan penjual Malaysia. Pertama, Shopee meningkatkan kemampuan di seluruh logistik dan pembayaran, dan memprioritaskan perlindungan merek untuk memungkinkan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan berbasis nilai. Kedua, Shopee memaksimalkan nilai seumur hidup pelanggan dari basis penggunanya yang besar dengan membangun sinergi lintas kategori dan memperdalam hubungan antara penjual dan pelanggan mereka, meningkatkan keterlibatan pembeli dan memaksimalkan jangkauan penjual.
Menurutnya, “Dalam lanskap e-commerce saat ini, pelanggan sangat memperhatikan apa yang diperjuangkan dan dilakukan oleh penjual, dengan melihat apa yang dikatakan oleh pemberi pengaruh dan afiliasi tentang merek tersebut. Dengan Solusi Pemasaran 360 Shopee, kami menyediakan -solusi pemasaran platform ujung ke ujung yang mencakup serangkaian alat dan layanan untuk membantu penjual meningkatkan visibilitas dan penjualan mereka.”
Khairul Aming, pemenang penghargaan Shopee Super Award 2022 Best New Seller dan Best Customer Service, memimpin seruan untuk tetap relevan selama diskusi panelnya. Dia bergabung dengan sesama penjual terhormat Roy Sam dari PerySmith, Kim Yeo dari Ecobb, Sammy Chong dari Celovis Jewelry, dan So Bee Leng dari Coty Malaysia, yang berbicara tentang memenuhi kebutuhan konsumen berbasis nilai untuk mendorong loyalitas jangka panjang.
Dia memperkenalkan Sambal Nyet di Shopee pada tahun 2021 dan telah menghasilkan penjualan lebih dari RM 21,5 juta sejak itu, menjual botolnya yang ke sejuta Agustus lalu. Dengan terus menyegarkan dan menyesuaikan konten untuk preferensi lokal orang Malaysia, dia memiliki lebih dari 3,7 juta pengikut di Instagram dan secara konsisten mempertahankan rata-rata peringkat 5,0 bintang di Shopee dengan lebih dari 392,2 ribu pengikut. Berasal dari Kelantan, bisnis Khairul yang berkembang adalah model penciptaan lapangan kerja inklusif di kampung halamannya untuk lebih dari 50 staf dan 150 tanggungan rumah tangga.
Kenneth Soh, Kepala Pemasaran di Shopee Malaysia, berkata, “Setiap tahun, ribuan penjual berjejaring dan mempelajari hal baru untuk tumbuh di Seller Summit kami. Tahun ini, saya mendapat hak istimewa untuk memfasilitasi secara langsung (di forum panel saya) strategi pemasaran berbasis nilai yang sangat proaktif yang saya yakin akan mendorong dampak sosial dan bisnis oleh industri. Tidak lupa, saya ingin berterima kasih kepada semua sponsor merek yang telah berkontribusi dalam kesuksesan Seller Summit 2023: Commerce.Asia, Intrepid, Kumoten, Mono & Co, PayRecon, Red Dino, SiteGiant, dan Toyo, antara lain.”
Mencontohkan bagaimana toko Made-in-Malaysia di pasar dapat mendorong inklusi ekonomi lokal sambil memenuhi tuntutan pembeli berbasis nilai melalui ekosistem Shopee adalah: Ooi Zhi Wei dari Zhiwei Herb, Felix Lee dan Tee Ying Fui dari Beehaus, Karen Tee dari RPM ( Racing Passion Moto), Eelin Lim dari BeNourish, Leon Wong dari Samview, Mohd Zaid dari Lampu Cherita, Edward Wong dari HomeDecoStore, Khairil Adhzaha dari Tokey Sambal Hitam, Patricia Marin dari Mamami Shoppe, dan Hafiz Oon dari Mr Bentong.
Tahun lalu, Shopee meningkatkan dan mengintegrasikan lebih dari 250.000 penjual baru untuk inklusi digital, dan melihat 145 penjual baru mencatat penjualan lebih dari RM500.000 dalam 12 bulan pertama secara online. Sejalan dengan upaya berkelanjutan Shopee untuk memanfaatkan kekuatan transformatif teknologi untuk menciptakan ekonomi digital yang lebih inklusif, Seller Summit Shopee menyediakan alat untuk meningkatkan dan memberdayakan penjual untuk mencapai kesuksesan online dan membangun masa depan yang berkelanjutan untuk diri mereka sendiri.[***]