SUMSELTERKINI.CO.ID, JAKARTA – Platform Youtube Kids diresmikan di Indonesia kemarin, Selasa (27/11/2018). Platform tersebut dibuat sebagai wadah eksplorasi rasa ingin tahu dan berimajinasi bagi anak berusia 2-10 tahun, sekaligus menjadi aplikasi yang ramah untuk keluarga.
Pada kesempatan yang sama, pihak Youtube mengatakan, konten hiburan keluarga dan edukasi merupakan kategori konten yang berkembang cepat di platform mereka. Oleh karena itu, Youtube berupaya mempromosikan konten lokal inspiratif yang dapat menjadi bahan pengajaran dan pendidikan bagi anak-anak.
Senior Analyst Public Policy and Government Relations Google Indonesia, Ryan Rahardjo menjelaskan, “Kami bekerja sama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk meluncurkan inisiatif ‘Dongeng Yuk!’. Melalui konten itu, kami berusaha mengangkat kembali cerita rakyat sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. Terdapat 34 cerita rakyat dari 34 provinsi yang kami angkat kembali untuk diceritakan.”
Selain digunakan sebagai bahan pembelajaran anak, konten ‘Dongeng Yuk!’ juga dibuat untuk melestarikan cerita rakyat Indonesia. Ryan juga berkata, ia ingin menyebarluaskan pesan dalam cerita-cerita rakyat itu kepada dunia internasional.
“Kami berharap kegiatan ini mampu membantu melestarikan cerita rakyat Indonesia serta pesan moral positif di dalamnya yang patut diteladani tidak hanya kepada masyarakat Indonesia, tetapi juga kepada dunia,” ujarnya.
Pada September lalu, Youtube secara resmi meluncurkan Youtube Kids di Indonesia, yakni sebuah aplikasi baru yang dibangun dengan memikirkan kebutuhan anak dan didesain khusus untuk menjadi aplikasi yang ramah keluarga.
Hingga saat ini, Youtube Kids telah diluncurkan di lebih dari 38 negara, ditonton lebih dari 70 miliar kali di seluruh dunia, juga berhasil menduduki peringkat 5 terbaik dalam kategori aplikasi anak di seluruh dunia. Dengan jaringan yang terbilang besar itu, penyebaran pesan moral dalam cerita rakyat Indonesia tentu dapat dilakukan.
Head of Consumer Marketing Google Indonesia, Fibriyani Elastria menambahkan, “Prioritas utama dari Youtube, memberikan akses bagi orangtua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, edukatif, menghibur, dan juga ramah keluarga. Youtube Kids memberikan orangtua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka lihat dan pelajari.”
Beberapa fitur kontrol dalam Youtube Kids, antara lain timer, ialah built-in dalam aplikasi yang mengizinkan orangtua membatasi waktu menonton anak secara otomatis; penelusuran aktif atau niraktif yang memberikan pengalaman menonton yang lebih terkontrol; serta parent approved mode yang membuat orangtua memilih video atau channel yang dapat disaksikan oleh profil anak mereka.
Selain itu, orangtua juga bisa membuat delapan profil dalam sebuah perangkat. Hal itu berguna untuk menentukan preferensi tontonan, rekomendasi video, dan setelan kata sandi pribadi untuk masing-masing anak. Anak pun bisa membuat kode sandi pribadi untuk masuk ke profil mereka walaupun orangtua selalu dapat mengganti passcode mereka untuk masuk ke aplikasi.
Aplikasi Youtube Kids dapat diunduh di Google Play dan App Store. Youtube juga bekerja sama dengan Transvision untuk menghadirkan Youtube Kids ke layar TV pengguna melalui Setup Box Hybrid Android.
Acara peluncuran Youtube Kids juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktur Akademik Sekolah Cikal, dan para kreator konten khusus untuk anak. Hingga saat ini Youtube Kids telah menduduki peringkat 5 di kategori aplikasi anak.[**]
Penulis: Warta Ekonomi.co.id