SUMSELTERKINI.CO.ID, PALEMBANG – PT Telkomsel mencatat lonjakan trafik dan payload data operator tersebut hingga 720% saat pembukaan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang tanggal 18 Agustus 2018.
“Khusus di Jakabaring Sports City (JSC) sebagai venue kedua Asian Games yang ramai didatangi atlet dan pengunjung, trafik voice mengalami kenaikan sebesar 522% dan penggunaan layanan data (payload) sekitar 720%dibandingkan hari biasa,” kata Executive Vice President Telkomsel Area Sumatera, Paulus Djatmiko melaluinya rilisnya kepada antara Pekanbaru, mengutip Antara, Selasa (21/8/2018).
Paulus menjelaskan sebagai Official Mobile Partner, Telkomsel telah meningkatkan kualitas kelayakan jaringan demi mendukung pagelaran kejuaraan olahraga terbesar se-Asia mengingat di Palembang terdapat 11 venue Asian Games dan media center.
Menurut Paulus selain di JSC, pada hari pembukaan Asian Games 2018, di Palembang juga terjadi kenaikan trafik voice mendekati angka 11 persen dan penggunaan layanan data lebih dari 18% dibandingkan hari biasa.
Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pelanggan yang menggunakan layanan data, untuk share foto maupun video melalui sosial media maupun aplikasi chat messanger untuk berbagi momen ini.
“Dari data yang kami peroleh, terjadi lonjakan trafik komunikasi baik voice, sms, maupun data pada pembukaan Asian Games di Palembang kemarin. Dari kenaikan ini, Telkomsel tetap dapat melayani pelanggan dengan kualitas terbaik dan tetap memperhatikan kenyamanan pengguna. Keberhasilan ini karena Telkomsel telah mempersiapkan peningkatan kapasitas layanan jauh hari sebelum pagelaran Asian Games berlangsung,” ujar Paulus Djatmiko.
Paulus menambahkan bahwa khusus kebutuhan jaringan di Jakabaring Sports City telah dilakukan penambahan base transceiver station (BTS) yang semula berjumlah 13 menjadi 44 BTS all network(2G/3G/4G). Selain itu, juga dipersiapkan 3 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang akan beroperasi selama pagelaran.
Selain itu, Telkomsel juga telah mendirikan booth di 39 titik yang tersebar di venue, hotel serta non venueseperti bandar udara.
Telkomsel melengkapi booth dengan petugas sales, menyiagakan 100 agent, yang akan membantu memberikan edukasi layanan dan solusi kepada pengguna yang membutuhkan bantuan seperti, aktivasi paket, registrasi dan lain-lain.[Ant]