Apical, melalui anak perusahaan energi terbarukan Bio-Oils yang berlokasi di Huelva, Spanyol, telah membentuk usaha patungan dengan Cepsa untuk memproduksi biofuel generasi kedua (2G) dengan membangun pabrik terbesar di Eropa selatan. Aliansi ini menandai masuknya Apical ke pasar bahan bakar penerbangan berkelanjutan (sustainable Aviation Fuels/SAF) dan tonggak penting dalam strategi RGE untuk memproduksi berbagai bahan bakar untuk mendekarbonisasi transportasi penerbangan, maritim, dan darat. Apical, pengolah minyak nabati terkemuka, adalah anggota grup perusahaan RGE yang berkantor pusat di Singapura.
Keterangan foto:
Usaha patungan baru diumumkan di La Rábida Energy Park dengan partisipasi Juan Manuel Moreno Bonilla, Presiden Pemerintah Daerah Andalusia; Maarten Wetselaar, CEO Cepsa (keempat dari kiri); Oscar Garcia, CEO Bio-Oils (kedua dari kanan); Dato’ Yeo How, President, Apical (keempat dari kanan); Pratheepan Karunagaran, Direktur Eksekutif, Apical (ketiga dari kiri); dan Lamberto Gaggiotti, Kepala, Energi Hijau, Apikal (pertama dari kiri).
Pabrik baru, yang dijadwalkan mulai beroperasi pada Semester 1 2026, dapat memproduksi hingga 500.000 ton SAF dan/atau solar terbarukan setiap tahunnya, memungkinkan pengurangan emisi CO2 hingga 90 persen, dibandingkan dengan bahan bakar tradisional.
SAF sering dipandang sebagai alat menuju masa depan tanpa emisi. Namun, tantangan global utama untuk produksi SAF adalah akses ke bahan baku (limbah terbarukan dan bahan baku residu). Sebagai pengolah minyak nabati terintegrasi global yang besar, Apical mampu mengekstraksi limbah dan residu secara efisien dan berkelanjutan dari rantai pasokan dan prosesnya dengan cara yang transparan dan dapat dilacak.
Melalui usaha patungan tersebut, pabrik tersebut akan mengamankan sebagian besar pasokan bahan bakunya dari limbah dan residu pertanian Apical melalui kesepakatan jangka panjang global. Cepsa akan menyumbangkan keahlian dan pengalaman teknisnya dalam pengembangan proyek industri besar dan produksi bahan bakar; dan pengetahuan tentang pasar Eropa dan tujuan dekarbonisasi pelanggannya di sektor transportasi. Fasilitas tersebut akan berlokasi di Taman Energi La Rábida milik Cepsa di provinsi Huelva, Spanyol.
Dato’ Yeo How, Presiden Apical, mengatakan: “Pasokan bahan baku generasi kedua berkualitas tinggi dari Apical adalah kunci untuk memastikan bahwa usaha patungan baru ini mewujudkan visi bersama kami untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di transportasi udara, laut, dan darat. Semakin luas penggunaan SAF dan diesel terbarukan memberikan manfaat yang signifikan dalam skala global, baik dalam hal mitigasi dampak perubahan iklim maupun mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Apical, melalui Bio-Oils, akan memastikan pasokan bahan baku dan menyumbangkan keahlian kami sendiri dalam produksi biofuel.”
Fasilitas baru akan menampilkan teknologi terbaru untuk produksi biofuel generasi kedua. Dirancang sebagai pabrik asli digital, operasi baru ini menggabungkan teknologi canggih termasuk kemajuan industri terbaru dalam kecerdasan buatan, internet of things (IoT), dan analisis data untuk memaksimalkan efisiensi proses, dan memastikan standar keselamatan dan keamanan tertinggi. perlindungan lingkungan. Dengan memanfaatkan inovasi, Apical mempercepat operasi berkelanjutannya sejalan dengan Pilar 3 (Inovasi Hijau) Apical2030 dari peta jalan keberlanjutan strategisnya.
Pratheepan Karunagaran, Direktur Eksekutif, Apical, mengatakan: “Emisi penerbangan menyumbang 2-3 persen dari emisi CO2 terkait energi global dan diperkirakan akan tumbuh sebesar 300-700 persen pada tahun 2050[1]. Untuk mengurangi emisi karbon langsung dari penerbangan Bahan bakar rendah karbon generasi mendatang yang dihasilkan dari 100% limbah terbarukan dan bahan baku residu, SAF dapat menjadi solusi langsung. Seiring dengan meningkatnya ketersediaan limbah dan residu seiring dengan perluasan jejak dan kapasitas global Apical, kami dapat menciptakan kemitraan bernilai tambah untuk aliran limbah kami di berbagai belahan dunia, terutama di Asia.”
Sehubungan dengan perkembangan industri SAF di Asia, Pratheepan berkomentar: “SAF di Asia memiliki banyak potensi untuk tumbuh dan berkembang. Kabar baiknya adalah: karena semakin banyak negara yang mulai menyadari pentingnya praktik berkelanjutan dan tanggung jawab lingkungan, ada kemungkinan fokus yang lebih besar dalam mempromosikan adopsi SAF di seluruh industri penerbangan,” tambahnya.
Juan Manuel Moreno Bonilla, disorot dalam pidatonya: “Cepsa telah berinvestasi di Huelva dan Andalusia selama hampir 60 tahun dan telah menjadi bagian aktif dan pemain utama dalam kemajuan yang dialami di tanah kami. Cepsa telah memberikan kontribusi luar biasa untuk kemajuan kami dan untuk penciptaan lapangan kerja, dengan hampir 8.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung. Taruhan besar seperti konfirmasi Cepsa bahwa kami berada di jalur yang benar.”
Maarten Wetselaar mencatat: “Aliansi ini merupakan langkah yang menentukan dalam strategi kami untuk memimpin biofuel di Spanyol dan Portugal dan memposisikan Andalusia sebagai tolok ukur Eropa dalam produksi energi berkelanjutan dan ekonomi sirkular. Biofuel generasi kedua adalah solusi segera untuk mendukung energi pelanggan kami karena dapat digunakan di mesin konvensional, sekaligus memungkinkan pengembangan lokal dan peningkatan otonomi energi di Eropa.”
Oscar Garcia berkata: “Cepsa telah menjadi pelanggan terbesar Bio-Oils selama bertahun-tahun. Kami berbagi banyak keuntungan operasional, seperti kedekatan dan interkoneksi fasilitas kami dan penggunaan dermaga Reina Sofía untuk pengisian dan pengosongan produk kami. Usaha patungan baru ini merupakan evolusi alami dari hubungan kita”.[***]