Ekonomi

Tutup Tahun, Gubernur Sumsel Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Senilai Rp244,4 Miliar

GUBERNUR Sumatera Selatan Herman Deru melakukan pelepasan Gebyar Ekspor Komoditas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan yang dilaksankan di PT Berkat Makmur Kontainer, di Jl. R.E. Martadinata No. 3, Kecamatan Kalidoni, Palembang, Kamis (30/12/2021)

Sebanyak 16,61 ribu ton komoditas pertanian Sumsel senilai Rp244,4 miliar ini akan dikirim ke sejumlah negara.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumsel mengatakan, pelepasan yang dilakukan merupakan cara untuk mengingatkan pemerintah dan instansi terkait bahwa ekspor komoditas merupakan salah satu andalan pemasukan bagi Indonesia selain pajak, mineral, dan batu bara.

“Hal ini tentunya dapat berhasil karena dukungan dari berbagai sektor khususnya pertanian. Hari ini kita juga akan menyematkan brevet kepada Kapolda yang diberikan oleh Menteri Pertanian atas pengawalan dan pengamanan kegiatan ekspor yang telah dilakukan,” ungkapnya.

Gubernur Sumsel juga menegaskan bahwa komoditas pertanian yang diekspor hari ini merupakan hasil pertanian dari para petani mulai 16 Desember 2021 hingga 30 Desember 2022, di antaranya Kayu Olahan, Minyak Kelapa Sawit, Frozen Fresh Coconut Milk, Palm Kernel Shell, Serabut Kelapa, Maggot, dan Kelapa Bulat.

Herman Deru juga meminta agar informasi terkait komoditas pertanian yang diterima di pasar internasional dapat disebarkan, sehingga mereka yang ada di daerah yang memiliki etos kerja yang baik dibidang pertanian dapat mengetahui apa yang harus dihasilkan.

Menutup sambutannya, gubernur mengajak seluruh pejabat dan masyarakat untuk menyukseskan program Sumsel Mandiri Pangan yang akan memberi dampak pada pengeluaran sehari – hari dan uang tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang lain.

Turut hadir Kapolda Sumsel, Irjen Pol Toni Harmanto, Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Palembang, IR. Hafni Zahara, M. Kepala BPS Prov. Sumsel, Zulkifli, G.M. Pelindo II Palembang, Imam Rahmiyadi, Direktur PT Berkat Makmur Kontainer, Hasan Yosunarto dan para Kepala OPD Prov. Sumsel.(***)

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com