BUMN

Bulan K3 Nasional 2025, PLN UID S2JB Perkuat Komitmen Keselamatan & Kesehatan Kerja

ist

Sumselterkini.co.id, – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) perkuat komitmen Keselamatan & Kesehatan Kerja.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, mengatakan PLN UID S2JB menyadari  keberhasilan operasional yang handal tidak lepas dari penerapan berbagai program unggulan yang mengutamakan keselamatan kerja.

Dalam apel memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2025, dihadapan 331 peserta terdiri dari Pegawai, Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), Petugas Pelayanan Teknik, dan Petugas Security, ia menyampaikan  untuk mencapai tujuan Zero Harm dan Zero Loss, pihaknya melibatkan seluruh pekerja dalam setiap inisiatif yang dijalankan.

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah penguatan infrastruktur komunikasi UP2D, yang bertujuan mengatasi hambatan komunikasi di area-area blank spot yang masih ada di wilayah kerja kami. Kami juga telah menambah repeater di 37 tower, mengontrak 10 lokasi repeater tambahan, serta menyediakan layanan internet satelit dan radio komunikasi PoC sebanyak 200 unit untuk memastikan kelancaran komunikasi selama operasional distribusi tenaga listrik.” terang Adhi, jumat  10 Januari 2025.

Selain itu, PLN UID S2JB menjalankan program Daily Safety Patrol yang dilaksanakan setiap hari oleh Pejabat K3L atau pegawai kompeten di setiap unit kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan alat dan prosedur kerja, seperti Working Permit (WP), Job Safety Analysis (JSA), serta kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD). Stop Work Authority juga diterapkan jika ditemukan ketidaksesuaian atau kondisi yang berisiko terhadap keselamatan kerja.

Konsistensi dalam  evaluasi setiap pekerjaan diharapkan dapat membawa perbaikan berkelanjutan dalam aspek K3 untuk memastikan keselamatan di setiap lini operasional.

Sebagai bagian dari upaya menciptakan budaya keselamatan kerja, PLN UID S2JB melaksanakan Face to Face Induction. Program edukasi langsung ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pegawai dan tenaga alih daya, baik yang baru maupun yang sudah lama, mendapatkan pemahaman mengenai K3, PLN Saving Rules, dan program-program budaya K3 lainnya. Edukasi ini dilakukan secara berkala dan langsung oleh pejabat K3L atau pegawai yang kompeten, untuk mendorong informasi budaya keselamatan sampai dengan jelas hingga unit paling ujung.

“Dalam rangka memperkuat kesadaran akan pentingnya keselamatan, kami juga mengadakan Siar Info K3L. Melaui program-program tersebut, pesan-pesan K3,”ujarnya.

Saluran komunikasi

Pesan itu sebutnya  disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti grup WhatsApp, radio komunikasi, serta video-video yang pendek edukasi K3 yang disampaikan melalui media sosial.

“PLN UID S2JB juga menyelenggarakan sosialisasi ke seluruh kecamatan secara periodik untuk memastikan pesan keselamatan ini dapat diterima oleh semua pihak yang terlibat dalam operasional kami,”urainya.

Salah satu inovasi terbaru yang dilaksanakan adalah K3L Control Centre, yang bertujuan untuk memastikan kegiatan petugas Yantek atau vendor dapat diawasi secara online oleh pengawas pekerjaan. Dengan menyiapkan kamera komunikasi dua arah di lokasi kerja, pengawas dapat melakukan pengawasan secara real-time terhadap implementasi K3 di lapangan. Inovasi ini sudah diterapkan pada Yantek UP2D dan akan diperluas pada tahun 2025 untuk mencakup lebih banyak unit.

Dalam kesempatan yang sama, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menegaskan pentingnya komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dalam seluruh aspek operasional.

“Keselamatan kerja bukan sekadar kewajiban, tetapi merupakan budaya yang harus diterapkan dalam setiap langkah kita. Kami berkomitmen untuk terus menjaga dan meningkatkan standar K3 di semua unit kerja, karena bagi kami, nyawa jauh lebih berharga daripada apapun. Kami ingin setiap pegawai dan mitra kami pulang dengan selamat ke keluarganya setiap hari, dan itulah yang menjadi dasar dari setiap kebijakan dan program yang kami jalankan.”

Dengan berbagai upaya ini, lanjutnya, UID S2JB berkomitmen  terus meningkatkan standar keselamatan kerja, memastikan  setiap pegawai dan mitra kerja bekerja dalam lingkungan yang aman, sehat, dan produktif. Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2025 ini menjadi momentum bagi PLN UID S2JB untuk lebih memperkuat komitmen tersebut, dan mewujudkan Zero Harm dan Zero Loss di setiap lini operasional.

Acara ini, tambahnya bukan hanya sebagai peringatan, namun juga sebagai momen penting untuk menegaskan kembali komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, yang selalu menjadi prioritas dalam setiap aspek operasional.[***]/ril/don

 

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com