PT Bank Amar Indonesia Tbk (“Amar Bank”), perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital pure-play pertama dan satu-satunya di Indonesia, mengumumkan pencapaiannya di ajang bergengsi Asia Pacific Enterprise Awards (APEA) 2021 atas peraih Corporate Excellence Award kategori Industri Jasa Keuangan. Pada saat yang sama, Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian juga dianugerahi Master Entrepreneur Award atas kegigihan dan ketekunannya dalam menumbuhkan dan mengembangkan bisnis. Di bawah kepemimpinan Vishal, Amar Bank telah mengembangkan karyawannya dari total 17 orang pada tahun 2014 menjadi 1100+ orang pada tahun 2021; peningkatan pendapatan bunga yang tumbuh 86,8% CAGR dari USD 1,07 juta menjadi USD 45 juta dalam 6 tahun, dan membawa pulang 22 penghargaan bergengsi sejak 2017.
Selanjutnya, Vishal memimpin peningkatan modal untuk Amar Bank pada Juni 2019, dengan modal inti sekarang lebih dari Rp1 triliun, dan lisensi perbankan ditingkatkan dari BUKU I menjadi BUKU II. Amar Bank kemudian mencapai profitabilitas hanya dalam waktu dua tahun beroperasi, dan pada tahun 2020 lebih dari USD370 juta (Rp5 triliun) pinjaman disalurkan kepada lebih dari 400.000 nasabah (100.000 di antaranya adalah UMKM) melalui platform pinjaman digital Tunaiku. Pada Januari 2020, Vishal memimpin IPO Amar Bank ke Bursa Efek Indonesia (BEI:AMAR) dengan melepas 1,2 miliar saham. Baru-baru ini ia memimpin peluncuran bank digital berbasis cloud (Senyumku) pertama di Indonesia dalam kemitraan dengan Google. Senyumku bertujuan untuk membantu orang mengembangkan kebiasaan menabung yang positif dan menjaga kesehatan finansial mereka melalui AI dan analisis data.
Presiden Direktur Amar Bank, Vishal Tulsian mengatakan: “Kami sangat tersanjung dan terhormat atas pengakuan atas komitmen Amar Bank untuk meningkatkan inklusi keuangan Indonesia dan merevolusi pengalaman perbankan. Kami memulai perjalanan ini pada tahun 2014 dengan keyakinan bahwa teknologi harus meningkatkan kehidupan dan kami membangun model bisnis baru dan penghargaan ini memvalidasi bahwa adalah mungkin untuk membangun model bisnis yang sukses sambil melakukan beberapa kebaikan sosial Meskipun penghargaan apa pun sebagai validasi apa pun, ini membuat Anda sangat baik, yang lebih penting untuk dikenali adalah bahwa itu bukan pekerjaan satu orang, ini adalah pekerjaan seluruh tim Jadi sebagai perwakilan tim, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh Amarites atas ide-ide inspiratif dan terobosan luar biasa yang dibawa ke meja setiap hari. Menyongsong masa depan, kami akan tetap gesit dan fleksibel dalam menciptakan inovasi untuk memberikan akses keuangan dan literasi kepada lebih banyak orang yang sejalan dengan visi kami untuk membawa 200 juta mil ke wajah Indonesia pada tahun 2025.”
Di tengah perlambatan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19, Amar Bank tetap menunjukkan komitmennya untuk menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani dan yang tidak memiliki rekening bank. Melalui AI unik, bank digital cerdas (Senyumku) dan platform pinjaman (Tunaiku), Amar Bank menghilangkan birokrasi perbankan konvensional yang rumit untuk memungkinkan akses keuangan yang lebih mudah dan nyaman kepada pelanggan. Melalui Tunaiku, lebih dari 400.000 orang dan UKM telah merasakan manfaat di seluruh Indonesia dengan total pencairan pinjaman lebih dari USD 370 juta (Rp5 Triliun) sementara 3 tujuan penggunaan teratas adalah untuk renovasi rumah, modal usaha dan pendidikan (semuanya dikategorikan sebagai pinjaman produktif).[***]