Inspirasi

Ingin Lahirkan Inovasi Produk Pangan, Perdayakan KWT

ist

KELOMPOK Wanita Tani [KWT] diajak untuk dapat melahirkan inovasi di bidang produk pangan, sehingga ke depan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjaga ketersediaan, stabilitas dan akses pangan di Kab. Muba.

“Jauh sebelum pandemi, petani wanita pedesaan sebenarnya sudah cukup lama dikenal memiliki peran penting sebagai salah satu tonggak penghasil pangan. Mereka terlibat dalam semua tahap kegiatan, mulai dari pengolahan tanah sampai dengan pemasaran hasil. Di masa adaptasi kebiasaan baru, keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) di setiap desa menjadi semakin penting,” ujar Ketua TP PKK Hj Thia Yufada Dodi Reza disela Peninjauan Perdana Pasar Tani KWT Tahun 2021 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), bertempat di halaman Kantor Sekretariat TP PKK Kabupaten Muba, Rabu (13/1/2021).

Dimasa pandemi harus bisa mandiri, sehingga akan lebih baik, jika KWT bisa menghasilkan produk-produk yang baik. Misalnya diperkarangannya ada tanaman. Dengan begitu bisa menumbuhkan semangat bagi masyarakat untuk bertanam, agar dapat menumbuhkan semangat untuk para KWT semakin giat, belajar bersama dan menumbuhkembangkan berbagai inovasi.
“Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Muba agar bisa terjaga dengan baik dan tetap terpenuhi meskipun masih di tengah pandemi COVID-19,”ulasnya. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri mengatakan, pelaksanaan Pasar Tani KWT dapat memberikan keuntungan kepada petani lokal guna memasarkan hasil produksinya. Yang bisa mengurangi angka kemiskinan, untuk itu KWT harus terus giat, karena ini tidak menutup kemungkinan sebagai peluang bisnis. Kalau ada peluang online silahkan, tetap semangat. 

Untuk anggaran KWT sebesar Rp5 miliar, (bibit, kebutuhan penamaan dan Perternakan) yang disebarkan ke kelompok KWT di 7 Kecamatan yang ada di Kabupaten Muba. Untuk satu kelompok itu terdiri dari 40 orang.

“Pasar ini bisa di buka di mana saja yang bisa menyesuaikan bisa dengan online, bisa juga di perkarangan  Dinas Ketahanan Pangan Muba atau di halaman kantor PKK Muba dan di buka setiap hari Rabu,”jelasnya.[***]
ril

Comments

Terpopuler

To Top