Korporasi Dunia

Tren risiko utama untuk direktur dan pejabat pada tahun 2023: potensi resesi, kekhawatiran dunia maya dan ESG

Media OutReach/ist

 

Sumselterkini.co.id, MUNICH, JERMAN –  Apa faktor utama yang mendorong kemungkinan sebuah perusahaan dan dewan direksinya dapat dituntut oleh investor atau kelompok pemangku kepentingan lainnya pada tahun 2023? Kinerja keuangan yang buruk atau bahkan kebangkrutan di tengah ketidakpastian ekonomi dan prospek resesi global, kurangnya keamanan dunia maya dan proses tata kelola yang kuat, atau tanggapan yang tidak memadai atau tidak patuh terhadap masalah lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) adalah di antara kuncinya tren risiko di bidang asuransi Direksi dan Pejabat (D&O), menurut Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS). Meskipun ada kecenderungan penurunan dalam pengajuan baru, litigasi sekuritas class action AS tetap menjadi perhatian utama, terutama seputar merger, sementara perusahaan dan bursa mata uang kripto mengalami peningkatan aktivitas, laporan D&O tahunan perusahaan asuransi juga mencatat.

 

“Penurunan baru-baru ini dalam jumlah sekuritas yang diajukan dan tindakan kelas di AS, ditambah dengan masuknya pendatang baru, telah menciptakan pasar yang lebih menguntungkan bagi pembeli korporat asuransi D&O setelah kenaikan persentase premi dua digit di seluruh pasar utama pada tahun 2021, ” kata Vanessa Maxwell, Global Head of Financial Lines di AGCS. “Namun, masih ada banyak risiko yang dihadapi perusahaan asuransi karena masalah ekonomi makro dan potensi perlambatan, kondisi yang biasanya mengarah pada peningkatan klaim D&O. Inflasi kemungkinan akan memengaruhi klaim di masa mendatang melalui penyelesaian yang lebih besar. Risiko dunia maya tetap pada tingkat yang tinggi dan sekarang dipandang sebagai tugas inti D&O, dengan pengawasan yang meningkat tentang bagaimana mereka merespons Sementara itu, kewajiban terkait ESG – apakah itu tindakan yang tidak memadai terhadap perubahan iklim atau masalah keragaman dan inklusi – juga berpotensi menjadi eksposur yang signifikan untuk asuransi D&O .”

 

Dari krisis energi hingga volatilitas pasar saham, ini adalah lingkungan ekonomi yang suram

 

 

Bagi banyak negara, prospek ekonomi untuk tahun 2023 sarat dengan malapetaka dengan meningkatnya risiko resesi. Penurunan tingkat pertumbuhan, lonjakan inflasi, krisis energi, volatilitas pasar saham yang berkelanjutan, dan masalah rantai pasokan yang sedang berlangsung dipantau secara ketat oleh penjamin emisi D&O karena dapat menyebabkan tekanan likuiditas dan profitabilitas di banyak sektor dan memicu peningkatan kebangkrutan.

 

“Lebih dari sebelumnya, penjamin emisi D&O berfokus pada kekuatan keuangan perusahaan, terutama di sekitar likuiditas. Dengan berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global, operator memantau dengan cermat jika tren peningkatan pengajuan Bab 11 (di AS), yang berdampak pada publik dan perusahaan swasta akan berlanjut pada tahun 2023,” kata Katie Fioretti, Global Head of Management Liability Commercial di AGCS.

 

Setengah dari negara yang dianalisis oleh Allianz Research mencatat peningkatan dua digit dalam kebangkrutan bisnis selama paruh pertama tahun 2022, dengan sektor UKM di Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, Belgia, dan Swiss menyumbang dua pertiga dari kenaikan tersebut. Secara keseluruhan, kebangkrutan diperkirakan akan meningkat sebesar +19% pada tahun 2023 secara global. Penurunan ekonomi biasanya membawa risiko klaim D&O yang lebih tinggi: Sebuah studi oleh broker Marsh menemukan bahwa antara tahun 2005 dan 2007 perusahaan menerima rata-rata 200 hingga 300 klaim D&O di Inggris. Dengan dimulainya krisis keuangan, pemberitahuan klaim meningkat sebesar 75% menjadi sekitar 500 pada tahun 2008, memuncak lebih dari 1.600 pada tahun 2012. Di AS, pengajuan dan tindakan penegakan – proksi untuk frekuensi klaim – berlipat ganda menjadi lebih dari 2.000 pada tahun 2011 mereka puncak, dibandingkan dengan sekitar 1.000 pada tahun 2006, menurut Advisen.

 

Kemungkinan perusahaan publik akan digugat dalam class action sekuritas meningkat ketika kinerja keuangan buruk, harga saham perusahaan turun atau ada risiko kebangkrutan. Dalam skenario seperti itu, investor mungkin berpendapat bahwa perusahaan gagal mengungkapkan tantangan yang dihadapinya untuk mempertahankan pedoman pendapatannya, mendorong potensi peningkatan klaim D&O,” kata David Van den Berghe, Global Head of Financial Institutions di AGCS.

 

Manajemen risiko dunia maya sebagai tanggung jawab dewan dan paparan LST

 

Masalah seperti keamanan data dan perlindungan informasi sekarang menjadi area inti yang harus diperhatikan oleh para direktur, catat laporan tersebut. Investor semakin memandang manajemen risiko keamanan dunia maya sebagai komponen penting dari tanggung jawab pengawasan risiko dewan perusahaan. Oleh karena itu, sebagai fidusia, anggota dewan diharapkan untuk mengembangkan dan menjaga akuntabilitas keamanan TI sebelum, selama, dan setelah insiden dunia maya apa pun. Dugaan kegagalan dapat dilihat sebagai pelanggaran tugas.

 

“Di seluruh dunia, direktur telah dimintai pertanggungjawaban, termasuk dalam litigasi derivatif dan langsung, karena dugaan kegagalan mereka untuk melembagakan tata kelola dan perlindungan yang tepat terhadap risiko keamanan dunia maya. Selain itu, pelanggaran besar yang dialami oleh perusahaan publik telah merusak kepercayaan investor, menyebabkan penurunan harga saham, dan dengan demikian menjadi ‘peristiwa’, yang sekali lagi dapat menimbulkan litigasi sekuritas tindakan kelas yang mahal. Oleh karena itu, Dewan perlu memulai dan menerapkan struktur manajemen risiko dunia maya yang mencakup seluruh organisasi,” kata Rishi Baviskar, Pakar Dunia Maya Pemimpin di tim Risk Consulting AGCS.

 

Tindakan pengaturan atau risiko litigasi karena masalah terkait LST adalah perhatian utama lainnya bagi dewan, didorong oleh peningkatan persyaratan pelaporan dan pengungkapan seputar topik tersebut, yang dapat memicu klaim jika tanggapan atau ketidakpatuhan tidak memadai. Selain itu, perusahaan dan dewan mereka juga menghadapi kemungkinan meningkatnya litigasi dari kelompok lingkungan atau iklim, investor aktivis, atau bahkan karyawan mereka sendiri. Litigasi perubahan iklim meningkat, dengan lebih dari 1.200 kasus diajukan secara internasional dalam delapan tahun terakhir, dibandingkan dengan lebih dari 800 kasus antara tahun 1986 dan 2014. Sebagian besar diajukan di AS, tetapi ada peningkatan pengajuan di pengadilan atau tribunal internasional: 2021 melihat jumlah kasus tahunan tertinggi yang tercatat di luar AS. Risiko lain adalah salah merepresentasikan kredensial atau pencapaian LST – yang disebut greenwashing – yang juga dapat mengarah pada tindakan regulasi, litigasi, dan gugatan pemegang saham.

 

“Informasi terkait ESG semakin menjadi titik pemeriksaan utama bagi perusahaan asuransi dalam hal penilaian risiko perusahaan. Perusahaan-perusahaan dengan kerangka kerja dan tata kelola ESG yang kuat kemungkinan besar akan menemukan perusahaan asuransi lebih bersedia menawarkan kapasitas,” kata Maxwell.

 

Litigasi di pasar AS

 

Eksposur litigasi sangat tinggi untuk perusahaan yang berdomisili atau melakukan bisnis di AS dan gugatan keberatan merger tetap ada. Sementara frekuensi pengajuan AS telah menurun sejak 2019 dan 2022 diperkirakan akan melanjutkan tren penurunan ini, jumlah total kerusakan yang berpotensi dipermasalahkan telah meroket. Meskipun tidak ada kenaikan umum dalam dugaan penilaian kerugian investor untuk semua kasus, beberapa kerugian yang sangat besar pada tahun 2022 telah mewakili bagian yang lebih tinggi secara tidak proporsional dari dugaan kerugian pemegang saham agregat daripada rata-rata historis selama 20 tahun terakhir. Menurut Penelitian Batu Penjuru, tuntutan hukum yang diajukan terhadap hanya tiga perusahaan industri komunikasi bertanggung jawab atas dugaan kerugian investor sebanyak agregat dari semua tuntutan hukum tindakan kelompok sekuritas yang diajukan pada tahun 2021.

 

Cryptocurrency melihat peningkatan litigasi

 

Tren baru lainnya termasuk peningkatan penargetan perusahaan dan pertukaran cryptocurrency (10 gugatan diajukan pada paruh pertama tahun 2022 dibandingkan dengan 11 untuk semua tahun 2021, 13 pada tahun 2020 dan empat pada tahun 2019). Ini mungkin tidak mengejutkan mengingat fluktuasi yang bergolak baru-baru ini dalam penilaian mata uang digital, yang berlanjut pada November 2022 dengan runtuhnya pertukaran cryptocurrency terbesar kedua di dunia, FTX – otoritas di seluruh dunia sedang menyelidiki potensi pelanggaran undang-undang sekuritas – dan fakta bahwa pengawasan peraturan telah meningkat.

 

 

Tagar: #Allianz

 

 

Tentang Allianz Global Corporate & Specialty

Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS) adalah perusahaan asuransi korporasi global terkemuka dan unit bisnis utama Allianz Group. Kami menyediakan konsultasi risiko, solusi asuransi Kecelakaan Properti dan pengalihan risiko alternatif untuk spektrum luas risiko komersial, korporat, dan khusus di sembilan lini bisnis khusus dan enam hub regional.

 

Pelanggan kami beragam seperti bisnis, mulai dari perusahaan Fortune Global 500 hingga bisnis kecil. Di antara mereka tidak hanya merek konsumen terbesar di dunia, lembaga keuangan, perusahaan teknologi, dan penerbangan global.[***]

Comments

Terpopuler

To Top
WP Twitter Auto Publish Powered By : XYZScripts.com